11 Mei 2008

SEJARAH SMK PENERBANGAN SIDOARJO


SMK PENERBANGAN SIDOARJO semula bernama SMT (SEKOLAH MENENGAH TEKNIK )PENERBANGAN SIDOARJO dibawah naungan YAYASAN DHARMA WIRAWAN PEPABRI JAWA TIMUR yang PUSATNYA ADA DI JAKARTA, berdiri pada tahun 1986.

Dalam kurun waktu nama tersebut diganti dengan SMK (SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN ) PENERBANGAN yang letaknya di Kabupaten Sidoarjo, lebih tepatnya di kecamatan Sedati Jl. Abdulrahman Nomor 49 Sedati Sidoarjo dan sudah terakreditasi A.

SMK PENERBANGAN SIDOARJO didirikan bukan tanpa sebab, karena letak lokasi dekat dengan Bandara Internasional Juanda Surabaya dan dekat dengan pangkalan TNI AL Juanda sehingga sekolah membuat link dengan pangkalan TNI AL untuk sarana praktik siswa juga seluruh guru-guru bidang produktif yang telah diperbantukan kesekolah untuk mengajar, disamping itu perusahaan penerbangan yang ada di lingkungan sekitar sekolah juga sangat membantu sekolah untuk sarana praktik kerja industri ( PRAKERIN ) siswa yang duduk di kelas III. Perusahaan penerbangan tersebut adalah PT.Garuda, PT. Merpati, PT. JAS, PT. Batavia Air dan Lion Air.

SMK PENERBANGAN SIDOARJO sekarang memilki 2 jurusan Pemeliharaan Pesawat Udara yaitu :

1. Airframe and Powerplant (AfP)

2. Avionic, Electrical, Instrument Maintenance Repair ( AMR )


Jurusan tersebut diatas juga telah mengalami perubahan seiring dengan perubahan kurikulum, sebelumnya :

1. Motor Rangka Pesawat Udara

2. Listrik Instrument Pesawat Udara

kemudian diganti :

1. Motor Rangka Pesawat Udara


2. Listrik Avionik Pesawat Udara


Saat inipun mengalami perubahan karena kurikulum KTSP untuk kejuruan berubah menjadi SPEKTRUM sehingga diganti :

1. Airframe dan Powerplant (AfP)

2. Electrical Avionic (EA)


Demikian sekilas sejarah SMK Penerbangan Sidoarjo mulai didirikan hingga sekarang.



16 komentar:

SMK Penerbangan Sidoarjo mengatakan...

ayo para civitas akademika dan para alumni kirimkan komentar anda yang menuju pada perbaikan isi bloger smk kita. terima kasih. ( budi handayani )

Arif Rahman Hakim mengatakan...

BU,
saya Arif Rahman Hakim!!!!
ekskul BASKETnya mana?????
kok Nggak dicantumin????

Arif Rahman Hakim mengatakan...

Bu,,
bagaimana kalu ibu coba buat tim jurnalistik????
untuk membantu ibu buat bloger ini?????

terima kasih atas kepedulian ibu terhadap saran saya

Unknown mengatakan...

bu gmana, kalau menghbungi alumni buat majuin blog ini, mngkin dari alumni ada yang mahir bikin website. soalnya ada tuh di angkatan saya yang jadi master webdesign....

Novky mengatakan...

Ass bu budi, gmn khabarnya. secara gak sengaja saya browsing internet gak tahunya nemuin blog sekolah kebanggaan saya ini. saat ini saya berdinas di Skadron Teknik 021 Lanud Halim P. Jakarta. Sukses buat ibu, dan semoga sekolah kita semakin cemerlang kaulitasnya. Wass

Kapten Tek Novky Asmoro, S.T.
Alumni SMT Penerbangan 1992-1995

SMK Penerbangan Sidoarjo mengatakan...

para disigner bagaimana sy menghub kalian kalau gak tau siapa pengirimnya. terimakasih banyak ternyata ada para alumni yang membuka bloger ini, dan ini email saya hani.djahoeri@yahoo.co.id latau langsung chatting saya tunggu. (B.Handayani) dan Novky terima kasih banyak dan mana teman-teman lain.

Unknown mengatakan...

saya yohanes buk.moga masih ingat.angkatan 92.jujur saya terkaget-kaget dan juga terkagum-kagum dnegan segala kumajuan dan prestasi para alumni smk penerbangan terutama alumni diatas th 2000..RUAR BIASA.SANGAT MEMBANGGAKAN..saya jadi ingat angkatan saya dulu.jangankan fasilitas job se4kolah aja kayak " kandang sapi".Masihingat khan buk....oke bravo rekan-rekan alumni 92...salam buat seluruh rekan alumni dan adik2 tingkat yang semakin membanggakan..

Unknown mengatakan...

Saya yohanes buk.abgkatan 92.moga masih ingat.pertama saya lihat bloger ini saya begitu kaget.terkaget-kaget malah.tapi juga sekaligus terkagumkagum dengan segala kemajuan dan prestasi yang sudah didapat oleh para alumni terutama alumni diatas th. 2000..saya jadi ingat angkatan saya yang begitu menderita dulu.jangankan fasilitas job kerja..gedung sekolah saja masih kayak kandang sapi..RRUAAAAR BIASA memnag sekarang kemajuannya..90% angkatan 92 hancur.hampir tidak ada yang berkarier di dunia penerbangan..oke. salam buat rekan alumni yang laen.terus berkarya dan berprestasi di seegala bidang..bravo buat adik2 alumni yang semakin membanggakan..JUJUR SAYA SAMPAI MENANGIS BANGGA MEMBACA SEGALA KWMAJUAN DAN PRESTASI KALIAN..YANG PADA SAAT ANGKATAN KAKAK DULU ITU HANYA MIMPI.........

Fast & Fun mengatakan...

Dengan Hormat,
bukannya saya kecewa, tapi kok yang di postingakn hanya angkatan 2000?
kemana angkatan pendahulunya?
Tolong coba di kordinasi semua, sekadar untuk di ingat sebelum menjadi SMK Penerbangan namanya SMT Penerbangan dan tanpa angkatan pendahulunya SMK Penerbangan tidak pernah ada, tolong di koordinasi lagi semua ankatan kalau memang ingin SMK Penerbagan lebih besar dan berjaya lagi.
hormat saya
Eko Johanes A. Pesik
(Angkatan 93)

Unknown mengatakan...

Mantabbbbbbb

Unknown mengatakan...

ibu budi apa kabar....?smk penerbangan juanda semakin maju,saya jadi iri koq gak dulu-dulu yah,dulu yang ada tiap hari ada aja siswa yang di jemur,mana team volly ballnya,koq gak ada yang nerusin prestasinya si JOHAN RAHMADI?dia pemain NASIONAL lo....bravo rekan-rekan alumni 93...

whynugraha mengatakan...

Bangga dengan kemajuan sekolah ini,, kemarin saya sempat mampir dan melihat (tgl 6 April 2015 jam 09.30)sekolah ini walaupun sekejap dan hanya dari pinggir jalan ( karena didesak waktu agar harus cepat sampai bandara) wahyu 94

Unknown mengatakan...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ smuanya...buat kalian alumni smt pnb sedati pabean moga sukses trutama buat adik" kita...kangen masa" skul untuk alumni 95 salam buat kalian smua

Unknown mengatakan...

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ smuanya...buat kalian alumni smt pnb sedati pabean moga sukses trutama buat adik" kita...kangen masa" skul untuk alumni 95 salam buat kalian smua

Unknown mengatakan...

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Puji syukur atas istidzan Alloh Swt Sekolah yg mana sdikit bnyk sy tau dunia PnB ada kmajuan yg signifikan!!! Tak lupa sy ucapkn terima kasih pd Bu Endang Setyowati, walau sudah risend namun kmajuan skarang tak lepas dr perjuangan beliau hingga sempat bersitegang dgn KepSek & lainnya.

Utk Organisasi Alumni(IKASPENDA) sepertinya tdk brjalan, justru berjalan masing-masing tiap angkatan, itu sy perhatikan via akun Facebook para Alumni yaitu Alumni 95 & Alumni 96.

By: Agus Wijaya
Sekretaris Alumni'96

Unknown mengatakan...

Untuk Alumni(IKASPENDA) sepertinya vakum,... Yg masih kelihatan aktif mengadakan Reuni rutin alumni 95, alumni 96 & 97 sampe detik ini, & alumni 96 jg merangkul alumni dibawahnya hingga alumni 2000-2002.

Salam sukses
Almn'96

Followers